Thursday, 26 September 2013

Filled Under: ,

XL Akuisisi AXIS Senilai Rp9,5 Triliun

JAKARTA - Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (XL) telah resmi mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia (AXIS). Kesepakatan ini diharapkan dapat mendorong konsolidasi yang akan mendukung pertumbuhan industri telekomunikasi di Indonesia.

Berapa jumlah biaya yang dikeluarkan untuk realisasi akuisisi ini? Melalui siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (26/9/2013), terungkap poin-poin kesepakatan perjanjian jual beli bersyarat. Salah satu poin ialah, Teleglobal (anak perusahaan Saudi Telecom Company) akan menjual 95% saham di AXIS kepada XL.

100 persen perusahaan AXIS dinilai sebesar USD865 juta (sekira Rp9,5 triliun), dengan catatan buku AXIS bersih dari utang dan posisi kas nol (cash free and debt free). Uang ratusan juta dollar Amerika Serikat itu kabarnya digunakan untuk membayar nilai nominal saham AXIS, serta membayar hutang dan kewajiban AXIS.

Penyelesaian transaksi akan dilakukan setelah terpenuhinya kondisi yang disepakati antara lain, diperolehnya persetujuan dari instansi pemerintah terkait. Selain itu, persetujuan pemegang saham XL melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) serta tidak ada perubahan dari kepemilikan spektrum.

Manfaat Akuisisi AXIS oleh XL
Lebih dari 65 juta pelanggan akan diuntungkan melalui kualitas layanan yang lebih prima dan cakupan jaringan yang lebih luas. Transaksi ini akan mendukung pengembangan industri telekomunikasi Indonesia sekaligus menjadi referensi untuk ekspansi bisnis yang berfokus pada pertumbuhan dan belanja modal yang efisien.

Tidak hanya itu, akuisisi ini mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Rencana Broadband Nasional. Mengatasi permasalahan yang dihadapi XL melalui tambahan kapasitas spektrum untuk XL dan setelah transaksi ini mendapatkan persetujuan dari instansi pemerintah terkait, maka operator dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan memaksimalkan jaringan secara signifikan baik untuk 2G maupun 3G.

Selain itu, manfaat juga bisa dirasakan dengan pendayagunaan aset yang lebih baik, terutama untuk menara BTS XL dan peralatan jaringan, dengan pengurangan signifikan pada belanja modal (CAPEX) dan belanja operasional (OPEX).

Memperkuat posisi XL sebagai salah satu operator terdepan di industri, dengan operasi dan skala bisnis yang lebih besar, melalui jumlah pelanggan dan komunitas yang lebih besar, layanan data yang lebih kuat dan efektif untuk segmen anak muda serta bisnis yang saling menguntungkan antara XL dan AXIS yang memungkinan sinergi terhadap pendapatan dan efisiensi biaya di berbagai area.
Comments
0 Comments



0 comments: