Monday, 10 February 2014

Filled Under: , , ,

Tips Menghindari Penyakit Mata

Karyabuatanku - Seringkali penglihatan kita mengalami gangguan berupa penyakit yang menyerang pada mata kita, diantaranya: belek, mata merah, dan sebagainya. Pastilah kita akan menjadi sangat terganggu. Terlebih lagi bila akan ada menghadiri suatu acara, pandangan kita menjadi berkurang karena beberapa masalah tadi. Tulisan kali ini akan membahas mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit mata yang diambil dari beberapa sumber. Silahkan dibaca untuk lebih jelasnya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari penyakit mata:
  1. Sering melihat pemandangan hijau. 
  2. Banyak mengonsumsi wortel maupun sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A. 
  3. Jangan membaca sambil tiduran maupun di tempat yang pencahayaannya kurang memadai. 
  4. Bercelak. Dalam suatu riwayat di dalam kitab Fath al Jawad karangan Imam Syihabuddin, bahwa ada seorang ratu yang memilki pandangan yang tajam sebab sering menggunakan celak. 
  5. Membaca lafadz مَرْحَبًا بِحَبِيْبِيْ وَقُرَّةِ عَيْنِيْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ tiap kali kita mendengar adzan dikumandangkan sampai pada lafadz أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
  6. Di dalam kitab Hasiyah al Bajuri karya Imam Bajuri terdapat keterangan yang berisi sebagai berikut: Barang siapa menghafalkan dua bait ini Insya Allah ia tidak akan terkena belek (penyakit mata) untuk selamanya. Inilah baitnya: 
يَا نَاظِرَيَّ بِيَعْقُوْبَ أَعِيْذُ كُمَا # بِمَا اسْتَعَاذَ بِهِ إِذْ مَسَّهُ الْكَمَدُ
قَمِيْصُ يُوْسُفَ إِذْ جَاءُ الْبَشِيْرُ بِهِ # بِحَقِّ يَعْقُوْبَ اذْهَبْ أَيُّهَا الرَّمَدُ

Satu hal yang perlu diingat, semua itu berasal dari Allah Ta'ala. Oleh karena itu kita juga harus berdo'a padaNya, semua cara di atas hanya sebagai ikhtiar kita agar terhindar dari penyakit mata. Wallahu A'lam.

Referensi:
  1. Hasiyah al Bajuri Cet. Darul Ilmi Juz: 2 Hal: 176. 
  2. Syarkh Abi Jamrah. 
  3. Syarkh Fath al Jawad. 
  4. Keterangan di Ma'haduna, PP. MUS-YQ Kudus dan di madrasah. 
  5. Internet. 

Comments
0 Comments



0 comments: