Sunday, 4 May 2014

Filled Under:

Sowan Sesepuh PKB, Jokowi Disuruh Baca Kitab Kuning


JOMBANG - Calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Joko Widodo alias Jokowi berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatunnasyiin, Paculgowang, Jombang, Jawa Timur. Di sana, ia bertemu dengan pimpinan ponpes KH Muhammad Abdul Azis Mansyur yang juga ketua Majelis Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta restu Kiai Azis untuk menjadi capres. Permohonan restu diungkapkannya saat menggelar pertemuan tertutup dengan Kiai Azis. 

Saya merestui memang. Beliau menyatakan bahwa akan mencalonkan diri sebagai presiden, saya merestui, kata Kiai Azis kepada wartawan usai pertemuan, Sabtu (3/5) malam. 

Guru dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ini menilai Jokowi sebagai sosok yang ramah dan merakyat. Kiai Azis juga terkesan dengan keterbukaan Jokowi dalam menerima nasihat dan kritik. 

Saat pertemuan, Kiai Azis sempat memberi ceramah agama singkat kepada Jokowi. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta itu juga diperintahkan untuk membaca sebuah buku pelajaran agama berbahasa Arab atau yang lazim disebut kitab kuning. 

Pak Jokowi membaca Jam'ul Jawami', yang menjadi sumber pada fiqih syari'at orang Islam, ucap Kiai Aziz. 

Jokowi sendiri mengaku mendapat wejangan tentang kepemimpinan dari kiai sepuh itu. Ia pun mengaku siap mengamalkannya jika nanti terpilih sebagai presiden pada pilpres 2014. 

Tadi begini sudah banyak diberi wejangan oleh Kiai Aziz apabila nanti Allah mengizinkan memegang pimpinan nasional itu seperti apa, sudah dijelaskan dan saya memahami sekali apa yang beliau sampaikan, kata Jokowi. (dil/jpnn)
Comments
0 Comments



0 comments: