Monday, 22 June 2015

Filled Under: , , , ,

Download Kitab Idhatun Nasyiin

Karyabuatanku - Kitab yang berarti petuah bagi pemuda ini menjadi salah satu kitab yang dikaji dalam ngaji posonan Ramadhan 1436 H di pondok pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang yang diampu oleh salah satu tokoh PBNU, KH. Ahmad Mustofa Bisri. 

Idhatun Nasyi'in yang berarti petuah untuk pemuda adalah salah satu karya abad 20 yang masih sangat relevan untuk dijadikan rujukan pemuda masa kini karena didalamnya tertulis berbagai hal yang harus menjadi renungan dan petunjuk bagi anak muda yang kelak menjadi pilar umat masa depan.

Kitab ini merupakan salah satu kitab tarbiyah/ pendidikan yang menjadikan akhlak sebagai inti bahasan dan menerangkan sifat-sifat manusia serta tanbih atau pepeling untuk para pemuda. Musthafa al Ghalayin adalah ulama kelahiran Beirut Lebanon tahun 1886. Saat remaja, beliau menuntut ilmu di Mesir dan berguru pada Syaikh Muhammad Abduh di Al Azhar University serta mendalami ilmu-ilmu syariah, bahasa, dan sastra. Beliau dikenal sebagai ulama sekaligus wartawan pada majalah Nibras, banyak tulisan-tulisan beliau yang telah dibukukan diantaranya jami’ ad-durus al-lughah al-‘arabiyyah(magnum opus), nazharat fi al lughah wa al adab, al islam ruh al nasyi’in, al ilmu a din dan diwan al ghulayaini. Idhatun Nasyi’in adalah satu diantara kumpulan tulisan-tulisan beliau yang mengulas adab dan pendidikan bagi pemuda. Beliau wafat di Beirut pada tanggal 17 februari 1944 pada usia 58 tahun.

Download Kitab 'Idhatun Nasyiin bisa melalui link berikut ini:
Di sini
atau
Di sini

Comments
0 Comments



0 comments: