Wednesday, 4 November 2015

Filled Under: , , ,

News: Ratusan Siswa MA NU TBS Kudus Lakukan Sholat Istisqo'

Guru dan Siswa MA NU TBS Kudus Sedang Melaksanakan Sholat Istisqo'
Kudus, NU Online
Ratusan santri MA NU TBS Kudus lakukan sholat istisqo’, Selasa (3/11). Ritual ini dilakukan di halaman madrasah tepatnya saat memasuki jam istirahat pertama. Hadir dalam kegiatan ini beberapa kiai sepuh madrasah ini, KH Choiruzyad Turaichan Adjhuri, KH Musthafa Imron, KH Munfaat Lc, KH Abdullah Hafidz dan beberapa dewan guru lainnya.

Pada kesempatan ini, yang menjadi imam sholat istisqo’ adalah KH Hasan Fauzi sedangkan yang menjadi khotib adalah KH Amin Yasin. Sebelum dimulainya prosesi sholat, terlebih dahulu diadakan pengarahan tentang tata cara sholat, khutbah serta penggunaan rida’ yang dilakukan oleh pihak madrasah. Prosesi ini, mulai dari pengarahan hingga berakhirnya sholat dan khutbah memakan waktu sekitar satu jam lamanya dan diakhiri dengan do’a yang intinya adalah memohon untuk diturunkannya hujan.

Jama'ah Sholat Istisqo' MA NU TBS Kudus sedang Khusyu'
Mendengarkan Khutbah yang Disampaikan oleh KH. Amin Yasin
Dalam khutbah yang disampaikan oleh khotib, ada beberapa pesan yang disampaikan. Beberapa pesan itu adalah siswa diharapkan memperbanyak istighfar serta menjauhi maksiat, karena bisa jadi sebab banyaknya kemaksiatan di bumi maka Allah tidak menurunkan hujan sebagai peringatan kepada manusia.

Menurut Suwantho SPdI, selaku Wakil Kepala (Waka) bagian Humas, kegiatan semacam ini dilangsungkan karena kemarau yang cukup lama. "Atas inisiatif sendiri dan juga untuk melatih siswa agar mengetahui tata cara sholat istisqo," jelasnya. 

Selepas serangkaian prosesi tersebut, pihak madrasah juga melakukan sedekah berupa dawet yang dibagikan kepada warga MA NU TBS Kudus, serta perwakilan dari guru MI, MTS dan MPTs.
Hujan Turun di Malam Hari Pasca Dilaksanakannya Sholat Istisqo' Pagi Harinya
Malam hari setelah pelaksanaan sholat minta hujan, tepatnya sekitar jam tujuh hingga jam delapan malam, hujan turun di daerah Kudus, khususnya daerah sekitar MA NU TBS Kudus. (Ahmad Hanan/Fathoni)

Comments
0 Comments



0 comments: