Sunday, 6 March 2016

Filled Under: , , , , , ,

Hikmah Shadaqah Secara Sembunyi-Sembunyi

Karyabuatanku - Shadaqah adalah pemberian yang mengaharapkan atau mencari pahala dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kata shadaqah dalam bahasa Indonesia tertulis sedekah. Kata ini sendiri berasal dari bahasa Arab. Tahukah bahwa shadaqah itu memiliki banyak manfaat? Terlebih lagi jika pemberian shadaqah dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Mari kita simak penjelasan singkat dari Habib Idrus Bin Muhammad Alaydrus, pengasuh Majelis Rasulullah SAW Jatim, mengenai keutamaan shadaqah bila dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

صَدَقَةَ السِّرِّ تُطْفِىءُ غَضَبَ (رواه الطبرني)
"Shodaqoh dengan sembunyi-sembunyi akan meredam amarah Allah"

Allah menyukai hamba-Nya yang beramal atau bersedekah secara sembunyi-sembunyi. Karena shodaqoh secara terang-terangan di khawatirkan akan menyebabkan riya'. Dan riya' termasuk syirik kecil. 

Selain itu pahala orang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi pahalaya 70 kali lipat dari orang yang bersedekah dengan terang-terangan. 

Sayyidina Ali Zainal Abidin cucu Rasulullah SAW (Putra Sayyidina Husein bin Ali bin Abi Tholib), beliau menanggung kehidupan 100 kepala keluarga dimana tidak ada 1 orang pun yang mengetahui nya. Setiap malam beliau memanggul 1 karung beras untuk di letakkan didepan rumah saat penghuninya tidur. Hingga pada saat beliau meninggal ditemukan bekas panggulan di pundak beliau. Dan setelah beliau meninggal tidak ditemukan lagi beras di depan pintu rumah orang-orang tersebut. Barulah mereka tau bahwa selama ini yang memberikan 1 karung beras kepada rakyat adalah Sayyidina Zainal Abidin.

Selain mampu meredam amarah Allah, Sedekah itu juga mampu menolak balak.
Dalam hadist lain juga disebutkan "Barang siapa yang bersedekah maka ia meruntuhkan 70 jenggot syetan."
Maksudnya adalah barang siapa yang bersedekah maka akan menjauhkan dirinya dari sifat buruknya syetan. 

🔹lalu kapan waktu paling afdhol untuk bersedekah?
Afdholnya sedekah adalah saat tidak memiliki banyak harta.

➡sedekah dengan 1 luqmah (suapan) yang diberikan kepada orang yang membutuhkan lebih afdhol dari membangun masjid-masjid.

🔹orang bodoh tapi dermawan lebih afdhol dari pada orang pandai namun pelit. Karena orang yang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan Syurganya Allah, juga dekat dengan manusia.

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita untuk bisa bersedekah dengan apa yang kita miliki di jalan Allah SWT. Aamiin...

والله اعلم باالصواب
Comments
0 Comments



0 comments: