Karyabuatanku - Program Beasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII merupakan upaya implementasi atas misi dan tujuan Universitas Islam Indonesia (UII) yang secara spesifik bertujuan untuk memberikan bekal kepada kader-kader pemimpin umat dimasa yang akan datang, yang siap konsep dan siap praktek serta memantapkan dan memadukan antara agama, sains dan teknologi.

Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren UII terdapat dua model rekrutmen, model pertama diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang terintregasi dengan seleksi UPCM UII, dan model kedua diperuntukkan bagi mahasiswa UII yang telah menempuh perkuliahan 2 (dua) semester pertama,

Penjaringan calon Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII memberikan beasiswa yang dibagi menjadi dua tipe yaitu Beasiswa Penuh (Tipe A) dan Beasiswa Tidak Penuh (Tipe B). Program Mahasiswa Unggulan pondok Pesantren UII dikhususkan hanya bagi program studi Strata Satu (S1) semua fakultas kecuali Program Studi Pendidikan Dokter hanya dibolehkan untuk Tipe B.

BEASISWA PENUH (TIPE A)
Jalur ini dibuka untuk mahasiswa (laki-laki dan perempuan) dengan mendapatkan beasiswa penuh berupa:
  • Pembebasan biaya studi meliputi SPP selama studi, sumbangan Catur Dharma, Biaya Lembaga Kemahasiswaan, Praktikum, KKN dan biaya wisuda
  • Pembebasan biaya pondokan dan fasilitasnya. Peserta yang diterima wajib mengikuti pendidikan dan melaksanakan/mengikuti kegiatan yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren UII
BEASISWA TIDAK PENUH (TIPE B)
Jalur ini membuka kesempatan kepada mahasiswa (laki-laki dan perempuan) S1 dengan mendapatkan beasiswa berupa pembebasan biaya pondokan dan fasilitasnya. Peserta masih mendapat kesempatan memperoleh beasiswa internal (regular) UII dan eksternal lainnya. Peserta yang diterima wajib mengikuti pendidikan dan melaksanakan/mengikuti kegiatan yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren UII.

PERSYARATAN UMUM:
Pendaftar harus menyerahkan:
  1. SK Rektor yang menunjukkan bahwa pendaftar telah diterima dari salah satu jalur seleksi baik melalui CBT, PBT maupun PSB .
  2. Formulir Pendaftaran* sebagai Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII yang telah diisi.
  3. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi SMU/SMK/MA atau yang sederajat.
  4. Fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi milai UAN, masing-masing telah dilegalisasi, sesuai dengan syarat pada masing-masing tipe.
  5. TOEFL/TOEFL ITP Score dengan score minimal sesuai persyaratan.
  6. Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari POLRI yang menunjukkan calon berkelakuan baik.
  7. Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau pimpinan pesantren setempat yang menunjukkan calon berakhlak baik dan aktif beribadah.
  8. Piagam/sertifikat/surat keterangan yang menunjukkan prestasi dan keaktifan berorganisasi.
  9. Fotokopi akte kelahiran yang membuktikan usia maksimal 21 tahun.
  10. Surat keterangan sehat dari dokter.
PERSYARATAN KHUSUS:
Syarat Khusus Tipe A:
  1. Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOELF®ITP Score minimal 450) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan Sertifikat TOEFL/TOELF®ITP Score minimal 450.
  2. Nilai rata-rata rapor minimal 8,5 (delapan koma lima) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.
Syarat Khusus Tipe B:
  1. Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOELF®ITP Score minimal 450) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan Sertifikat TOEFL/TOELF®ITP Score minimal 450.
  2. Nilai rata-rata rapor minimal 8 (delapan) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.
PROSEDUR PENDAFTARAN:
Calon membawa semua dokumen persyaratan umum dan khusus ke Panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) di Gedung D3 Eknomi Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, KM. 14,5 Sleman Yogyakarta. Terkait pendaftaran, hubungi kami di 085731115808 (Ust Anas).

TEMPAT DAN JADWAL SELEKSI:
Ujian Masuk Pesantren (yang meliputi: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Psikotes, Baca Kitab dan Kepesantrenan) dilaksanakan di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang, KM. 14,5 Sleman Yogyakarta. Seleksi dan registrasi diselenggarakan sesuai jadwal berikut:

Sumber:

Tags: BeasiswaInfo

Post a Comment

0 Comments

Skip to main content