Monday, 18 April 2016

Filled Under: ,

Foto Kebrutalan Oknum Keamanan Tersebar di Facebook. Apa Motif di Baliknya?

Karyabuatanku - 12 foto berisi gambar kebrutalan oknum keamanan tersebar di facebook. Dalam waktu hanya dua hari foto-foto itu telah disebarkan lebih dari 26.000 kali.

Foto-foto ini diunggah pada saat aksi penggusuran Kampung Pasar Ikan di Jakarta Utara sedang hangat. Meski penulis tidak menuliskan keterangan bahwa foto-foto ini adalah foto apa, di mana diambil dan dalam kejadian apa, tapi jika melihat konteks saat foto ini diunggah sangat jelas penulis hendak menggiring opini bahwa kebrutalan ini terjadi ketika penggusuran kemarin. DItambah lagi penulis menuliskan nama Jokowi seolah kejadian ini memang terjadi di masa pemerintahannya.

Namun ketika ditelusuri, sebagian foto tersebut adalah foto kerusuhan Koja yang terjadi pada April 2010 lalu, dan ada juga foto oknum petugas yang menginjak sayuran seorang pedagang yang ternyata kejadiannya terjadi di Aceh.

Trik demikian sudah sejak lama digunakan, sejak kerusuhan Mesir, perang Suriah hingga hari ini masih terus digunakan. Tujuannya jelas, untuk menarik simpati sekaligus menanamkan kebencian di dalam kepala. Hal seperti ini terus dilakukan tanpa henti dan tak ada yang mampu untuk membendungnya. Entah sudah berapa ribu orang yang termakan tipuan semacam ini.

Tidak ada yang bisa membendung penyebaran berita palsu kecuali diri sendiri. Maka, tahan diri dari mempercayai penuh sebuah berita dan tahan diri dari menyebarkan sebuah berita sampai yakin bahwa berita itu bisa dibuktikan.

Oleh: 

Comments
0 Comments



0 comments: