Sunday, 17 July 2016

Filled Under: ,

Humor: Qulhu Wae Lek! (Versi Arab)

Karyabuatanku - Pernahkah kita mendengar ceramah KH Anwar Zahid, kiai nyentrik asal Jawa Timur, yang pada salah satu ceramahnya menceritakan ada seorang imam lupa bacaan surat yang akan dibaca kemudian disahut oleh makmumnya "Qulhu wae, Lek!"? Kali ini ada suatu kisah yang hampir mirip dengan apa yang diceritakan oleh KH Anwar Zahid, namun dalam versi Arab. Penasaran kan? Silahkan baca postingan berikut untuk lebih lanjutnya.

Diceritakan dalam kitab Akhbār al-Humqā wa al-Mughaffalīn bahwa di suatu daerah terdapat seorang imam yang terkenal dengan bacaan suratnya yang panjang-panjang. 

Suatu hari, seperti biasa, si imam itu menjalankan tugasnya sebagai imam sholat. Tatkala selesai membaca surat Al-Fātihah, si imam itu pun lalu membaca surat Yūsuf yang terdiri dari 111 ayat. Para makmum yang menyadari bahwa surat yang dibaca imam itu terlalu panjang, akhirnya satu persatu meninggalkan barisan sholat. Menyadari bahwa makmumnya perlahan habis, si imam pun akhirnya merubah suratnya. Tiba-tiba imam itu membaca: "Subhānallaāh! Qul Huwallāhu Ahad".

Mendengar imam membaca surat "Qulhu" itu, para makmum yang meninggalkan barisan sholat tadi, tiba-tiba kembali ke dalam barisan dan melanjutkan sholatnya kembali bersama imam. 

(Dikutip dari kitab Akhbār al-Humqā wa al-Mughaffalīn hal. 120 karangan Jamāl al-Dīn Abū al-Faraj 'Abd al-Rahmān bin 'Alī bin Muhammad al-Jauzī atau yang dikenal dengan Ibn al-Jauzī)

Sumber:

Comments
0 Comments



0 comments: