Friday, 28 October 2016

Filled Under: , , , ,

Google Peringati Sumpah Pemuda dengan Google Doodle

Karyabuatanku.com - Untuk kesekian kalinya, Google kembali menyemarakkan hari besar yang ada di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan Google Doodle edisi 28 Oktober 2016. Pada edisi tersebut, Google menampilkan enam orang pemuda pemudi yang menggunakan pakaian adat daerah Jawa, Betawi dan Bali.

Saat ditekan tombol Play, pengunjung Google akan melihat para pemuda maupun pemudi tersebut seakan-akan sedang membaca kata "Satu Tanah Air", "Satu Bangsa", dan "Satu Bahasa" yang muncul secara bergantian di bagian atas Doodle tersebut.

Sebagaimana yang kita tahu, Sumpah Pemuda merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.[1]

Sumpah Pemuda ini sendiri dilaksanakan pada 28 Oktober 1928 di Batavia (sekarang Jakarta) dan penamaan Sumpah Pemuda sendiri tidak dicetuskan pada saat kongres pemuda itu sendiri, melainkan seusai kongres dilangsungkan.

Berikut ini adalah bunyi teks yang dibaca 88 tahun silam, teks ini berada pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda:
1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia (Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia)2. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia (Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia)3. Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia (Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia)
Sumber:
[1] Wikipedia - Sumpah Pemuda

Comments
0 Comments



0 comments: