Thursday, 8 December 2016

Filled Under: , , , , , , ,

Aceh Gempa, PBNU Imbau Nahdliyin Shalat Ghaib dan Tahlilan untuk Korban

Karyabuatanku.com, Jakarta - Nahdlatul Ulama (NU) turut berduka atas gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang mengguncang daerah Pidie Jaya Aceh, Rabu (7/12) sekitar pukul 05.03 waktu subuh. 

Untuk seluruh korban yang meninggal maupun yang sedang dirawat, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau dan menginstruksikan kepada seluruh warga NU untuk melakukan shalat ghaib.

"PBNU menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepengurusan Nahdlatul Ulama di semua tingkatan dan kepada seluruh pondok Pesantren, masjid, dam musholla untuk menyelenggarakan shalat ghaib dan tahlil bagi seluruh korban gempa Aceh 2016," 

Demikian bunyi surat instruksi Nomor: 1116/C.I.34/12/2016 yang ditandatangani oleh Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin, Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum KH Said Aqil Siroj, dan Sekjen HA. Helmy Faishal Zaini, Rabu, 7 Desember 2016.

Jumlah korban meninggal terakhir menurut informasi yang didapat NU Online adalah 52 orang. Jumlah tersebut kemungkinan terus bertambah sebab diperkiarakan masih banyak korban yang masih tertimbun reruntuhan.

Sedangkan korban yang masih dalam perawatan di Rumah Sakit Teuku Chik Ditiro Pidie mencapai angka 700 orang, juga kemungkinan akan terus bertambah. 

Atas musibah gempa ini, banyak bangunan dan ruko termasuk beberapa masjid hancur dan rusak berat. Korban paling banyak ditemukan di bangunan ruko, tempat terbanyak aktivitas masyarakat dan yang tidak berhasil menyelamatkan diri.


Comments
0 Comments



0 comments: