Friday, 9 September 2016

Filled Under: , , ,

Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah

Karyabuatanku - Besok sudah memasuki tanggal 8 Dzul Hijjah 1437 H yang berarti ummat Islam dapat menjalani puasa Tarwiyah dan sehari kemudian memasuki tanggal 9 Dzul Hijjah 1437 H yang berarti dapat melaksanakan puasa Arafah.

Berikut ini adalah lafadz niat keduanya:

Niat Puasa Tarwiyah:

نويت صوم تروية سنة لله تعالى
Nawaitu Shauma Tarwiyah Sunnatan Lillahi Ta'ala.
"Saya Niat Puasa Tarwiyah, Sunnah Kerana Allah Ta'ala."


Niat Puasa Arafah:

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى
Nawaitu Shauma Arafah Sunnatan Lillahi Ta'ala.
"Saya Niat Puasa Arafah, Sunnah Kerana Allah Ta'ala."


Mengenai Keutamaan Puasa Arafah, Rasulullah SAW bersabda:

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية
"Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas." (HR. Muslim)

Puasa Tarwiyah yang dilaksanakan pada hari Tarwiyah, yakni pada tanggal 8 Dzul Hijjah. Ini didasarkan pada satu redaksi hadits lain, bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun. Dikatakan bahwa hadits ini dlaif (tidak kuat riwayatnya) namun para ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dlaif sekalipun sebatas hadits itu diamalkan dalam kerangka fadla'ilul a'mal (untuk memperoleh keutamaan), dan hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Selain itu, memang pada hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzul Hijjah adalah hari-hari yang istimewa untuk menjalankan ibadah seperti puasa. 

Diriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: 
"Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzul Hijjah. Para sahabat bertanya: Ya Rasulallah, walaupun jihad di jalan Allah? Rasulullah bersabda: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya atau menjadi syahid." (HR Bukhari)

Follow juga akun sosmed kami lainnya.
Semoga barokah. Aamiin.

Comments
0 Comments



0 comments: