Karyabuatanku.com - Kalender Islam menggunakan sistem hilal. Sehingga masuknya tahun baru sama persis dengan bergantinya bulan baru. Ternyata ditemukan riwayat bahwa pergantian tahun dan bulan sudah ada tuntunan dari sahabat Nabi untuk melakukan doa;

Dalil Doa Awal Tahun

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻫﺸﺎ ﻗﺎ: ﻛﺎ ﺻﺤﺎ ﺳﻮ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺳﻠﻢ - ﻳﺘﻌﻠﻤﻮ ﻫﺬا اﻟﺪﻋﺎء ﺇﺫا ﺧﻠﺖ اﻟﺴﻨﺔ ﺃﻭ اﻟﺸﻬﺮ: اﻟﻠﻬﻢ! ﺃﺩﺧﻠﻪ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﺑﺎﻷﻣﻦ اﻹﻳﻤﺎ، اﻟﺴﻼﻣﺔ اﻹﺳﻼ، ﻭﺭﺿﻮا ﻣﻦ اﻟﺮﺣﻤﻦ، ﺟﻮا ﻣﻦ اﻟﺸﻴﻄﺎ. رواه اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﻓﻲ "اﻷﺳﻂ"
ﻗﺎ اﻟﻬﻴﺜﻤﻲ: "ﻭﺇﺳﻨﺎﻩ ﺣﺴﻦ"

Dari Abdullah bin Hasyim, ia berkata bahwa para Sahabat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mempelajari doa berikut jika memasuki tahun atau bulan "Ya Allah, masukan kami ke dalamnya dengan aman, iman, selamat dan Islam. Mendapatkan ridho Allah dan dijauhkan dari gangguan syetan" (HR Thabrani, Al Hafizh Al Haitsami menilai Hasan)

Dalil Doa Akhir Tahun

ﻋﻦ ﺑﺸﻴﺮ ﻣﻮﻟﻰ ﻣﻌﺎﻳﺔ ﻗﺎ: ﺳﻤﻌﺖ ﻋﺸﺮ ﻣﻦ ﺻﺤﺎ ﺳﻮ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺳﻠﻢ - ﺣﺪﻫﻢ ﺣﺪﻳﺮ ﺑﻮ ﻓﺮﻭﺓ (ﻓﻲ ﻧﺴﺨﺔ: ﻓﻮﺭﺓ) ﻳﻘﻮﻟﻮ ﺇﺫا ﺭﺃﻭا اﻟﻬﻼ: اﻟﻠﻬﻢ! اﺟﻌﻞ ﺷﻬﺮﻧﺎ اﻟﻤﺎﺿﻲ ﺧﻴﺮ ﺷﻬﺮ ﺧﻴﺮ ﻋﺎﻗﺒﺔ، ﻭﺃﺩﺧﻞ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﺷﻬﺮﻧﺎ ﻫﺬا ﺑﺎﻟﺴﻼﻣﺔ اﻹﺳﻼ، اﻷﻣﻦ اﻹﻳﻤﺎ، اﻟﻤﻌﺎﻓﺎ اﻟﺮﺯﻕ اﻟﺤﺴﻦ.

Dari Basyir, budak Muawiyah, ia mendengar 10 sahabat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, salah satunya Abu Farwah. Mereka berdoa jika melihat hilal: "Ya Allah jadikanlah bulan yang lalu sebaik-baiknya bulan dan sebaik-baik akibat. Masukkan kami ke bulan ini dengan selamat dan Islam, aman dan iman, sehat dan rezeki yang Bagus" (HR Ibnu Sunni)

Doa Dari Nabi

كان اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺳﻠﻢ، ﺇﺫا ﺭﺃﻯ اﻟﻬﻼ ﻗﺎ: «ﻫﻼ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ، ﻫﻼ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ، ﻫﻼ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ، ﻣﻨﺖ ﺑﺎﻟﺬ ﺧﻠﻘﻚ» ﺛﻼ ﻣﺮا، ﺛﻢ ﻳﻘﻮ: «اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ اﻟﺬ ﻫﺐ ﺑﺸﻬﺮ ﻛﺬا، ﺟﺎء ﺑﺸﻬﺮ ﻛﺬا»

Telah sampai pada Qatadah bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam jika melihat hilal, Nabi berdoa: "Ini bulan baik dan petunjuk pada ibadah. Ini bulan baik dan petunjuk pada ibadah. Ini bulan baik dan petunjuk pada ibadah. Aku beriman kepada Allah yang menciptakan mu". Kemudian Nabi bersabda: "Al-hamdulillah, Allah telah membawa bulan ini dan Allah mendatangkan bulan yang lain" (HR Abu Dawud)

Abu Dawud menilai tidak ada hadis sahih dalam masalah ini. Namun menurut Al Hafizh Al Haitsami dan gurunya Al Hafizh Al Iraqi serta ahli hadis Al Munawi, ada riwayat Thabrani lainnya yang sanadnya Hasan dalam masalah doa awal atau akhir bulan.

Ma'ruf Khozin, anggota Aswaja NU Center PWNU Jatim


Tags: AmaliyyahDalilHadisIslam NusantaraIslamiKiaiPesantrenUstadz

Post a Comment

0 Comments

Skip to main content