Tuesday, 19 April 2016

Filled Under:

Jonru, Zaskia dan Proklamasi

Karyabuatanku - Jonru, dikenal pula dengan nama Jonru Ginting, bernama asli Jon Riah Ukur (lahir di Kabanjahe, 7 Desember 1970; umur 45 tahun) adalah seorang penulis, pelatih penulis, narablog, dan pengusaha yang dikenal karena usaha self publishing dapurbuku.com dan proyek Sekolah Menulis Online.[1] 

Selain melalui hal-hal tadi, ia juga dikenal melalui "kritikan-kritikan yang sangat membangun". Untuk masalah ummat atau pengikut, hal ini tak bisa disepelekan. Hal itu terbukti dengan ada banyaknya likers fanpage dengan nama Jonru yang ia kelola. Page tersebut pun sudah terverivikasi oleh pihak facebook, hal itu dibuktikan dengan adanya gambar lingkaran warna biru dengan tanda centang di tengahnya.

Senin, 11 April 2016, tepatnya pukul 9 lewat 17 menit, melalui akun pribadinya yang bernama Jonriah Jonru Ukur, menulis sebuah status yang bisa dibilang merupakan pelanggaran. Yang ia tulis bisa dibilang mengganti atau menyengaja mengganti teks proklamasi. Berikut ini adalah isi dari status yang ia tulis.
REKLAMASI
.
Kami bangsa Tionghoa dengan ini menjatakan reklamasi Pantai Jakarta Utara. Hal-hal jang mengenai pemindahan alias penggusuran rakyat miskin dari wilayah reklamasi dll, akan diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
.
Djakarta, 11-4-2016
Wakil-wakil Investor Tiongkok
Ahok dan Para Teman Maboknya
Berikut ini adalah bukti dari tulisan Jonru di akun facebook personal yang ia miliki.
Sayangnya, ketika kami coba tengok kembali statusnya. Ternyata ia telah menghapus status tesebut. Akan tetapi, sudah banyak orang yang telah mendokumentasikan status tadi melalui fitur screenshot yang dimiliki oleh smartphone maupun laptop.

Bila kita menengok pada kasus yang terjadi pada salah satu artis papan atas negeri ini, Zaskia Gotik karena menghina lambang negara kala tampil di program Dahsyat bulan Maret lalu. Bisa saja, ia (Jonru), akan tersangkut hal yang hampir sama dengan Zaskia karena terindikasi mengina teks proklamasi yang notabene sangat sakral bagi Indonesia. 

Pernah suatu kesempatan, Jonru mengganti sampul fanpage yang ia kelola dengan sebuah gambar pinokia yang disertai dengan tambahan tulisan "Semua kebohongan & kecurangan akan terbongkar pada waktunya.". 
Mungkinkah ia akan terjerat sendiri atas apa "kejujuran" dari hatinya atau bisa juga disebut sebagai kebohongan yang kerap kali ia kampanyekan? Terlebih lagi saat ini ia menyebarkan "keluh-kesahnya" melalui penggubahan naskah proklamasi. Kita nantikan saja jawabannya di kemudian hari. Bila memang aparat penegak hukum memang mau menyamaratakan, pastinya tulisan di facebook Jonru akan diproses, bukan hanya kepada Zaskia saja. 

Surabaya, 19 April 2016

[1] Wikipedia - Jonru

Comments
0 Comments



0 comments: