Karyabuatanku - Sering kali sewaktu khutbah Jumat kita melihat ada orang yang melakukan shalat sunnah qabliyah Jumat. Apakah ada dalilnya? Berikut ini adalah penjelasan dari Ustadz Ma'ruf Khozin, dewan pakar Aswaja NU Center Jatim, mengenai dalil dari pelaksanaan shalat sunnah qabliyah Jumat.


Saya pernah melakukan shalat Jumat, ketika selesai Adzan hampir tidak ada yang shalat Sunnah kecuali beberapa orang, saya pun ikut shalat sunnah. Tapi selesai shalat saya ditegur jamaah di dekat saya bahwa shalat sunnah sebelum Jumat tidak ada dasarnya. Benarkah hal tersebut? Lalu bagaimana dengan kebanyakan umat Islam yang sudah melakukan shalat tersebut? - Hamidi, Sby

Jawaban:
Tidak benar jika shalat sunnah Qabliyah jumat tidak ada dasarnya, dan dalam masalah ini para ulama memang berbeda pendapat. Ulama yang memperbolehkan shalat Sunnah sebelum Shalat Jumat berdasarkan riwayat Ibnu Majah (1114). Dalam hadis ini disebutkan ketika Sulaik al-Ghathafani datang ke masjid saat Rasulullah Saw berkhutbah, beliau bertanya kepadanya: "Apakah kamu sudah shalat dua rakaat sebelum datang (ke masjid)?" Sulaik menjawab: "Belum". Rasulullah bersabda: "Shalatlah dua rakaat, dan ringankanlah". Syaikh asy-Syaukani berkata: "Dua rakaat ini adalah shalat sunnah Qabliyah Jumat, bukan Tahiyat al-Masjid. Hadis ini dinilai sahih oleh al-Iraqi" (Nail al-Author III/314)

Hadis ini diperkuat dengan riwayat lain, yaitu dari Nafi' bahwa Abdullah bin Umar memperpanjang shalat sebelum Jumat dan shalat 2 rakaat setelah Jumat di rumahnya. Abdullah bin umar mengatakan bahwa Rasulullah Saw melakukan hal tersebut (HR Abu Dawud No 1130 dan Ibnu Hibban No 2476)

Dari hadis sahih ini al-Hafidz Ibnu Hajar mengutip pernyataan Imam Nawawi bahwa hadis ini adalah dalil shalat Sunnah sebelum Jumat (Fathul Bari Syarh Sahih al-Bukhari III/351)

قبلية الجمعة
عَنْ نَافِعٍ قَالَ كَانَ ابْنُ عُمَرَ يُطِيْلُ الصَّلاَةَ قَبْلَ الْجُمُعَةِ وَيُصَلِّى بَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ فِى بَيْتِهِ وَيُحَدِّثُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ (رواه ابو داود رقم ١١٣٠)
عَنْ جَابِرٍ قَال جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ وَرَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَليْهِ وسَلَّمَ يَخْطُبُ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَليْهِ وسَلَّمَ أَصَلَّيْتَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تَجِيْءَ ؟ قَالَ لاَ قَالَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ وَتَجَوَّزْ فِيْهِمَا (رواه ابن ماجه رقم ١١١٤)
اقوال الحفاظ :
(قَوْلُهُ قَبْلَ أَنْ تَجِيْءَ) يَدُلُّ عَلَى أَنَّ هَاتَيْنِ الرَّكْعَتَيْنِ سُنَّةٌ لِلْجُمْعَةِ قَبْلَهَا وَلَيْسَتَا تَحِيَّةً لِلْمَسْجِدِ اهـ حَدِيْثُ ابْنِ مَاجَهْ هَذَا هُوَ كَمَا قَالَ الْمُصَنِّفُ وَصَحَّحَهُ الْعِرَاقِي وَقَدْ أَخْرَجَهُ أَيْضًا أَبُوْ دَاوُدَ مِنْ حَدِيْثِ أَبِي هُرَيْرَةَ وَالْبُخَارِي وَمُسْلِمٌ مِنْ حَدِيْثِ جَابِرٍ (نيل الأوطار للشوكاني ٣/ ٣١٤)
عَنْ نَافِعٍ قَالَ كَانَ ابْنُ عُمَرَ يُطِيْلُ الصَّلاَةَ قَبْلَ الْجُمُعَةِ وَيُصَلِّى بَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ فِى بَيْتِهِ وَيُحَدِّثُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ (رواه ابو داود رقم ١١٣٠)

Sumber:
HujjahNU - DALIL SALAT SUNAH QABLIYAH JUMAT

Tags: DalilHasil KeputusanKajian IslamPesantren

Post a Comment

0 Comments

Skip to main content