Karyabuatanku - Selamat hari raya Idul Fitri 1437 H. Hari ini, Rabu (06/07) adalah hari Idul Fitri 1437 H berlangsung. Pada postingan kali ini, kami akan membahas mengenai tata cara pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang dilaksanakan hari ini. Selamat membaca.

Hukum shalat id, baik Idul Fitri maupun Idul Adha adalah sunnah muakkadah dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Hukum ini berlaku untuk semua muslim dan muslimah baik yang modis maupun yang sederhana. Demikian diterangkan dengan jelas dalam kitab "Fathul Qarib".


وَصَلَاةُ الْعِيْدَيْنِ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ وَتُشْرَعُ جَمَاعَةً وَلِمُنْفِرِدٍ وَمُسَافِرٍ وَحُرٍّ وَعَبْدٍ وَحُنْثَى وَامْرَأَةٍ لَاجَمِيْلَةَ وَلَاذَاتِ هَيْئَةٍ

"Shalat dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) adalah sunnah muakkadah bagi orang yang ada di rumah maupun diperjalanan, merdeka maupun hamba sahaya, laki-laki maupun perempuan baik yang cantik maupun yang tidak modis."

Adapun bacaan niatnya adalah:


أُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

"Aku niat shalat Idul Fitri dua rakaat (ma'mum) karena Allah."

Untuk rakaat pertama bertakbir sebanyak tujuh kali selain takbiratul ihram. Dan di setiap takbir membaca:


سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ
Dan dilanjutkan dengan surat al-fatihah dan membaca surat. Kemudian bertakbir lagi lima kali pada rakaat kedua selain takbiratul qiyam.

Perbedaan shalat id engan shalat lainnya adalah adanya khotbah setelah pelaksanaan shalat dua rakaat, dan dalam shalat id ini tidak diperlukan adzan maupun iqamat. Demikian keterangan dari Jabir sesuai yang dilihatnya pada zaman Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Alihi wa Shahbihi Sallam.
Sahabat Jabir berkata "saya pernah melaksanakan shalat id bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, beliau melaksanakan shalat sebelum khutbah tanpa adzan dan iqamat.
Sumber:

Tags: FiqhKajianKajian Islam

Post a Comment

0 Comments

Skip to main content