Ramadan tahun 2020 ini memang bisa dikatakan berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya. Selain karena sedang masa pandemi virus Corona, Ramadan tahun ini hampir semua Ngaji Posonan yang biasanya dilaksanakan secara offline berhijrah menjadi ngaji berbentuk online.

Beragam platform digunakan dalam menyukseskan ngaji online ini. Mulai dari Facebook, YouTube, Instagram, maupun platform lainnya.

Ada beberapa tips yang mungkin berguna dalam mencari ngaji online ini.

1. Cari informasi langsung dari akun media sosial resmi pesantren/akun yang berafiliasi kepada pesantren
Ini adalah cara yang paling efektif karena user bisa mendapatkan informasi secara detail mengenai kapan waktu pengajian online dilaksanakan, siapa yang membaca, dan apa yang dibaca.

Sumber: Instagram Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri
Informasi ini semacam ini bisa diakses atau didapatkan di media sosial resmi yang dikelola oleh tim media pesantren. Saat ini sudah banyak sekali pesantren yang telah memiliki tim media yang bisa dikatakan peralatan tempurnya sudah sangat bagus dan beragam.

Saran saya, selain mencari dan mendapatkan informasi dari media sosial pesantren atau akun yang berafiliasi ke suatu pesantren, teman-teman bisa juga membantu dakwah mereka dengan mengikuti dan membagikan akun tersebut. Alhasil jumlah pengikut akun media sosial pesantren bisa bertambah. Langkah semacam ini tak jarang bisa menjadi pemicu semangat bagi tim media pesantren untuk terus mengembangkan ke arah yang lebih baik lagi.

2. Jika menggunakan YouTube, gunakan fitur filter di pencarian.
Tahu kan kalau Youtube memiliki fitur untuk memfilter saat melakukan pencarian. Fitur ini disediakan oleh YouTube untuk memudahkan usernya sehingga apa yang mereka cari bisa lebih mudah didapatkan.

Tangkapan layar cara mencari ngaji online yang tengah berlangsung secara live di YouTube
Misalkan saja kita akan mencari menggunakan kata kunci "Ngaji" yang mana kata tersebut telah kita ketik sebelumnya. Setelah itu, klik pengaturan pencarian di pojok kanan (untuk user YouTube Android) kemudian pilih pengaturan sesuai yang diinginkan. Jika ingin mencari "Ngaji" yang sedang berlangsung, bisa dipilih "Live" di menu tersebut. Kemudian klik "Apply".


3. Tanya teman
Ada kalanya cara ini juga berfungsi dengan baik. Contohnya begini: "Kang, tanya dong. Ngaji kiai yang disiarkan secara langsung di YouTube/Facebook apa aja?".

Jika teman Anda baik hati, rajin, dan gemar menabung, ia akan segera memberikan jawaban kepada Anda. Jika tidak, bersabarlah atau bisa bertanya ke teman lain Anda.

4. Tawakkal
Cara terakhir adalah tawakkal. Cara ini adalah kita hanya menunggu orang lain membagikan tautan Ngaji Online di grup yang kita ikuti atau di sosial media mereka. Jika menggunakan cara ini, teman-teman harus sangat bersabar sebab tak selalu mendapatkan yang semacam ini.

Sekian.

Rembang, 30 April 2020
22:33 WIB

=========

Tambahan

Mengutip dhawuh Kiai A Khoirul Anam di bawah ini, kalau semisal kita memiliki rizki lebih, kita bisa mentransfernya kepada guru atau didonasikan kepada tim kreatif. Harapannya selain mendapat ilmu yang barokah, rizki yang kita punya juga akan menjadi barokah juga.

"Jangan lupa, perlu ada sedikit rizki yang ditransfer ke guru atau didonasikan ke tim kreatifnya; biar tidak hanya berkah ilmunya tapi juga berkah rizkinya. "
Tags: Opini

Post a comment

0 Comments

Skip to main content