Emprit Kaji (Pixabay)
عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: الراحمون يرحمهم الرحمن، ارحموا من فى الأرض يرحمكم من فى السماء
Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Radliyallahu 'anhuma: Rasulullah bersabda: "Orang yang yang suka mengasihi orang lain bakal dikasihi oleh Yang Maha Mengasihi (Allah Ta'ala). Maka kasihilah orang-orang yang ada di bumi, niscaya engkau akan dikasihi oleh orang-orang yang ada di langit.
Suatu ketika saat Sayyidina Umar sedang blusukan, beliau melihat ada anak-anak yang sedang bermain dengan burung pipit. Beliau merasa kasihan kepada burung Pipit tersebut. Akhirnya beliau pun membeli burung tersebut dari anak-anak tadi, kemudian melepaskan burung tersebut.

Setelah beliau wafat, banyak ulama yang bermimpi akan Sayyidina Umar. Para ulama pun bertanya kepada beliau bagaimana keadaan beliau. Kemudian Sayyidina Umar menjawab bahwa Allah telah memberikan pengampunan kepada dirinya.

Mendengar hal tersebut, para ulama kemudian bertanya lagi.

"Kok bisa begitu? Apakah karena sifat kedermawananmu (Sayyidina Umar), ataukah karena sebab sifat adilmu, ataukah karena sifat zuhudmu?"

Sayyidina Umar kemudian menjawab pertanyaan tersebut.

"Setelah kalian menyelehkan diriku di dalam kubur, kemudian menutupiku dengan tanah, dan meninggalkan diriku sendirian. Kemudian diriku didatangi oleh dua malaikat yang mana kedatangan mereka berdua membuat diriku sangat ketakutan," ucap Sayyidina Umar.

"Tiba-tiba ada suara (hatif) yang bunyinya 'Hei malaikat loro, tinggalke HambaKu (Sayyidina Umar) dan janganlah kalian menakutinya sebab Aku sudah merahmatinya (Sayyidina Umar). Aku juga telah memaafkan dirinya sebab dirinya telah mengasihani seekor burung emprit sewaktu dirinya masih hidup di dunia. Makanya Aku merahmatinya dirinya ketika di akhirat," tambah Sayyidina Umar.
(Hadis Awal di Syarah Usfuriyah)

Rembang, 25 April 2020 M – 3 Ramadan 1441 H
Tags: NasehatNgaji

Post a comment

0 Comments

Skip to main content