Wednesday, 2 March 2016

Filled Under: , ,

Pengumuman Lembaga Falakiyah PWNU Jatim Tentang Gerhana Matahari

Karyabuatanku - Pemerintah maupun Lembaga Falakiyah PBNU telah mengumumkan bahwa Rabu, (09/3) akan terjadi sebuah fenomena alam yang jarang terjadi. Fenomena tersebut adalah gerhana matahari total. Namun, tak semua daerah di Indonesia tidak dapat menikmati penampakan ini. Hanya di kota kota tertentu saja gerhana ini bisa dilihat. Beragam perintah telah diluncurkan oleh berbagai pihak. Salah satunya adalah Lembaga Falakiyah PWNU Jatim. Berikut ini adalah isi dari pengumuman itu.

PENGURUS WILAYAH NAHDLATUL ULAMA JAWA TIMUR
LEMBAGA FALAKIYAH 
Gedung PWNU Jawa Timur Jl. Masjid Al-Akbar Timur 9 Surabaya 
Telp. 031-8296147 HP. 085648668784 E-mail: lfnujatim@gmail.com

PENGUMUMAN

LEMBAGA FALAKIYAH
PENGURUS WILAYAH NAHDLATUL ULAMA JAWA TIMUR
No. 33/LFNU.II/L/II/2016

TENTANG GERHANA MATAHARI

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim


Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur dengan ini mengumumkan kepada umat Islam sebagai berikut:

1. Berdasarkan hasil hisab Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur, akan terjadi gerhana matahari sebagian yang melewati wilayah Jawa Timur pada hari Rabu, 9 Maret 2016, dengan data sebagai  berikut (zona waktu Indonesia barat/WIB):
2. Gerhana matahari total akan melewati sebagian wilayah Indonesia antara lain Palembang, Bangka, Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate dan Halmahera. Sedangkan wilayah Indonesia lainnya akan mengalami gerhana matahari sebagian.

3. Gerhana matahari adalah peristiwa yang langka dan istimewa. Ini perlu kita sambut dengan kegiatan pengamatan, shalat gerhana, dzikir, kegiatan sosial dan kegiatan kefalakiyahan lainnya.

4. Berdasarkan pengumuman dari Lembaga Falakiyah PBNU No. 007/LF-PBNU/II/2016, diharapkan Lembaga Falakiyah PCNU se-Jawa Timur agar bertindak aktif mengajak umat untuk melakukan kegiatan tersebut dan melaporkan kegiatan pengamatan di lokasi masing-masing kepada Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur.

5. Pengamatan gerhana matahari secara langsung dibutuhkan pelindung mata khusus (kacamata matahari) yang dapat diperoleh melalui sekretariat Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur (Hp. 0856-4866-8784).

Wallahul muwaffiq ilaa aqwamit thariiq
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Surabaya, 17 Jumadil Ula 1437
26    Februari   2016

LEMBAGA FALAKIYAH
PENGURUS WILAYAH NAHDLATUL ULAMA JAWA TIMUR



H. Shofiyulloh, ST, M.S.I                            A. Afif Amrullah, M.EI
Ketua                                                       Sekretaris

Berikut ini adalah scan pengumuman Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Jawa Timur.

Comments
0 Comments



0 comments: