Tuesday, 7 June 2016

Filled Under: , , , ,

Benarkah Tidurnya Orang yang Berpuasa itu Ibadah?

Benarkah Tidurnya Orang yang Berpuasa itu Ibadah?
Benarkah Tidurnya Orang yang Berpuasa itu Ibadah?
Karyabuatanku - Sering kita mendengar bahwa tidurnya orang yang sedang berpuasa itu ibadah. Berikut ini langkah-langkah dari penulis bila ingin mempraktikkan orang yang berpuasa adalah ibadah.

1. Pastikan dalam keadaan berpuasa Ramadhan
Ya. Ini adalah kunci utama dalam meraih gelar tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Selain menjadi kewajiban bagi tiap muslim, puasa juga merupakan syarat wajib predikat ini. Lah wong judulnya juga adalah tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Hehe

2. Ambil air wudlu
Mengapa ambil air wudlu? Karena wudlu adalah salah satu cara bersuci dari hadas kecil. Selain itu ada banyak fadhilah (keutamaan) wudlu, berikut ini adalah beberapa keutamaan dari wudlu:
  • Pelebur dosa
    عن عثمانَ بن عفانَ رضي اللَّه عنه قال: رَأَيْتُ رسُولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يَتَوَضَّأُ مثلَ وُضوئي هذا ثُمَّ قال: مَنْ تَوَضَّأَ هكذا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنبِهِ، وَكَانَتْ صَلاتُهُ وَمَشْيُهُ إِلى المَسْجِدِ نَافِلَةً. (رواه مسلم)
    Dari Usman bin Affan ra, ia berkata "Saya melihat Rasulullah SAW berwudlu seperti wudluku ini, kemudian beliau SAW bersabda: "Barangsiapa yang berwudlu sedemikian, maka diampunkan untuknya dosa-dosa yang telah lalu dan shalatnya serta jalannya ke masjid adalah sunnah hukumnya." (HR. Muslim)
  • Pengangkat derajat
    قال صلى الله عليه و سلم: ألا أدلكم على ما يمحو الله به الخطايا و يرفع به الدرجات؟ قالوا: بلى يا رسول الله ، قال: اسباغ الوضوء على المكاره و كثرة الخطا الى المساجد ، و انتظار الصلاة بعد الصلاة ؛ فذلكم الرباط، فذلكم الرباط. رواه مسلم 
    "Maukah kalian aku tunjukkan atas sesuatu yang dengannya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahan dan mengangkat derajat?" Mereka menjawab, "Tentu, wahai Rasulullah." Beliau bersabda, "Menyempurnakan wudlu pada keadaan yang dibenci (seperti pada keadaan yang sangat dingin, pent.), banyak berjalan ke masjid, dan menunggu shalat berikutnya setelah shalat. Maka itulah ribath, itulah ribath." (HR. Muslim)
  • Perhiasan orang mukmin
    عَنْ أَبي هُريْرَةَ رضيَ اللَّه عَنْه قالَ : سَمِعْت خَلِيلي صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقُول : « تَبْلُغُ الحِلية مِنَ المؤمِن حَيْث يبْلُغُ الوضـوءُ. )رواه مسـلم(

    Dari Abu Hurairah ra. Ia berkata "Saya mendengar kekasihku Rasulullah SAW bersabda: "Perhiasan-perhiasan -disyurga- itu sampai dari tubuh seseorang mu'min, sesuai dengan anggota yang dicapai oleh wudlu. (Riwayat Muslim)
3. Berangkat ke masjid
Masjid adalah salah satu tempat ibadah ummat Islam. Menuju ke sana Insyaallah dapat pahala.

4. Sesampai masjid, langsung SHALAT TAHIYYATUL MASJID. 
Shalat tahiyatul masjid termasuk shalat sunnah dan dianjurkan ketika memasuki sebuah masjid. Jadi termasuk ibadah.

5. Seusai shalat tahiyyatul masjid, ambil Al-Qur'an kemudian dibaca. 
Al-Qur'an adalah salah satu kalam Allah dan mu'jizat Rasulullah saw. dan kita dianjurkan membacanya. Sedangkan membaca Al-Qur'an termasuk salah satu ibadah. 

Nabi bersabda:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْأَنَ وَعَلَّمَهُ
"Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang suka belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya."

Dalam suatu hadits riwayat Imam Turmudzi dijelaskan bahwa dalam satu huruf terkandung satu kebaikan dan tiap kebaikan itu nantinya akan dilipat-gandakan menjadi sepuluh kebaikan.

عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى قَال سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ كَعْبٍ الْقُرَظِيَّ قَال سَمِعْتُ عَبْدَ اللهِ بْنَ مَسْعُودٍ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ “مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ. (رواه الترمذي)
"Barang siapa membaca kitab allah (Al-Qur'an), pahala baginya setiap huruf satu kebaikan, sedang satu kebaikan dilipat-gandakan menjadi sepuluh kebaikan, dan Aku tidak menyebut (tidak mengungkap) "ALIF LAAM MIIM" itu dihitung satu huruf, tapi Aku menghitungnya: "Alif itu satu huruf, Laam satu huruf, dan Mim satu huruf pula." (HR. Turmudzi)

6. Saat baca Al-Qur'an jangan lupa diniati iktikaf juga.
Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari iktikaf:
  • Orang yang i'tikaf akan selalu beruntung karena selalu mendapatkan shaf pertama shalat berjamaah.
  • Mendapatkan pahala menunggu datangnya waktu shalat.
  • I'tikaf membiasakan jiwa untu senang berlama-lama di masjid, dan menggantungkan hati pada masjid.
  • I'tikaf memudahkan pelakunya untuk menjalankan shalat malam.
  • Membiasakan hidup sederhana, zuhud, dan berlaku tak tamak terhadap dunia.
  • I'tikaf ikut menjaga shaum seseorang dari perbuatan-perbuatan dosa, walau kecil sekalipun.
  • I'tikaf berguna untuk mendidik jiwa agar terbiasa berlaku sabar dalam menjalankan amal saleh.
Sedangkan niat iktikaf adalah sebagaimana berikut ini:

نَوَيْتُ الْإِعْتِكَافَ سُنَّةً للهِ تَعَالَى
"Saya berniat iktikaf sunnah karena Allah Ta'ala."

7. Bila sudah dapat beberapa lembar, taruh kembali Al-Qur'an yang dibaca tadi ke tempat semula. Kemudian dilanjutkan berdzikir. Dzikir adalah salah satu ibadah paling mudah. Ada berbagai macam dzikir. Mulai dari 99 Asmaul Husna (nama-nama Allah Yang Mulia), adapula shalawat Nabi yang banyak pula shighat (susunan kalimatnya), dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam Al-Qur'an Allah memerintahkan kepada para hamba-Nya untuk berdzikir. Karena dengan berdzikir, Allah akan mengingat orang tersebut.

... فَاذْكُرُونِي أذْكُرْكُمْ
"Berdzikirlah (Ingatlah) kamu pada-Ku, niscaya Aku akan ingat pula padamu!" (Al–Baqarah: 152)

Dengan berdzikir, hati seseorang akan bisa menjadi lunak.

الَّذِيْنَ آمَنُوا وَ تَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللهِ ألآ بِذِكْرِ الله تَطْمَئِنُّ الـقُلُوبُ.
"Yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tenteram dengan dzikir pada Allah. Ingatlah dengan dzikir pada Allah itu, maka hatipun akan merasa aman dan tenteram." (Ar-Ra'd : 28)

8. Insyaallah sewaktu berdzikir kita akan ketiduran. Nah... Inilah yang disebut dengan tidurnya orang puasa adalah ibadah.

Selamat mengamalkan. 

Ditulis dengan ide asli dan beberapa kutipan.

Sumber kutipan:
[1] PISS-KTB

Comments
0 Comments



0 comments: