Makna Nabi Memilih Susu dalam Peristiwa Isra' Mi'raj Karyabuatanku - Isra' Mi'raj merupakan salah satu peristiwa besar yang pernah dijalani oleh Rasulullah semasa hidupnya. Tahukah Anda, dalam peristiwa ini ada kejadian di balik peristiwa Isra' Mi'raj? Silahkan simak tulisan berikut ini untuk lebih jelasnya.

Dalam peringatan Isra' Mi'raj yang dibarengkan dengan penutupan perlombaan Haflah Akhirussanah yang diadakan Organisasi Santri Pondok Putri Pesantren Tebuireng (OSPI) di Masjid Ulul Albab Tebuireng Kamis (5/5), Gus Fahmi mengingatkan para santri tentang makna sebuah kejadian di balik peristiwa Isra' Mi'raj.

"Pada saat peristiwa Isra' Mi'raj Nabi memilih "susu" ketika ditawari Malaikat Jibril minuman surga. Pilihan ini bukan tanpa makna, karena susu diibaratkan oleh Nabi adalah ajaran agama Islam yang bisa diamalkan kapan saja dan dimana saja," ungkap Gus Fahmi sebagai pembicara.

Selain dapat diminum kapan saja, lanjut beliau, susu juga dapat diminum siapa saja dan memiliki identitas yang tidak dapat dihilangkan oleh yang lain.

"Begitupula dengan ajaran Islam yang bisa dilakukan oleh siapa saja, dan seorang muslim adalah manusia yang pandai menjaga identitasnya agar tidak luntur dengan pergaulan," imbuh Gus Fahmi.

Menurut beliau, Isra' Mi'raj , mengingatkan manusia tentang pentingnya shalat yang merupakan 'oleh-oleh' dari Allah kepada Nabi SAW. dalam perjalanan yang menakjubkan itu. "Shalat juga menjadi ciri khas utama seorang muslim dan membedakan dengan ajaran agama lain," pungkas cucu Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari tersebut. (Vevi/Abror)

Suorce:

Tags: HikmahKajian IslamKiaiMauidhahPesantrenSantri

Post a Comment

0 Comments

Skip to main content